ANALISIS KORELASI SPEARMAN DENGAN SPSS
Korelasi
Rank Spearman atau yang biasanya disebut dengan Spearman Rank Correlation Coefficient
merupakan salah satu penerapan koefisien korelasi dalam metode analisis data
statistik non parametrik. Statistik non parametrik ini merupakan suatu ukuran
asosiasi atau hubungan yang dapat digunakan pada kondisi satu atau kedua
variabel yang diukur adalah skala ordinal (berbentuk ranking) atau kedua
variabel adalah kuantitatif namun kondisi normal tidak terpenuhi.
Contoh Kasus:
Berikut disajikan data kualitas
produk dan kepuasan konsumen
Kualitas
Produk (X) |
Kepuasan
Konsumen (Y) |
2 |
3 |
3 |
3 |
4 |
4 |
4 |
5 |
3 |
4 |
5 |
5 |
5 |
5 |
4 |
5 |
5 |
5 |
4 |
4 |
Apakah ada korelasi yang positif
antara kualitas produk dan kepuasan konsumen? (Gunakan taraf
signifikansi 5%).
Langkah – langkah analisis :
1. Jalankan program SPSS, pilih Variable View di bagian bawah. Isikan di kolom Name “X” di baris pertama dan “Y” di baris ke dua. Untuk Decimals ubah semua menjadi angka 2. Pada bagian Label tulisan Kualitas Produk dan Kepuasan Konsumen. Pada Measure ganti menjadi Nominal.
2. Pilih Data View dan
masukkan data Kualitas Produk (X) dan Kepuasan Konsumen
(Y) yang sudah dipersiapkan tadi ke program SPSS.
3. Selanjutnya dari menu utama SPSS, pilih
menu Analyze → Correlate → Bivariate.
4. Muncul kotak dialog dengan nama Bivariate
Correlations. Masukkan variabel Kualitas Produk (X)
dan Kepuasan Konsumen (Y) pada kotak Variables.
Selanjutnya pada kolom Correlation Coeficient pilih Spearman,
lalu untuk kolom “Test of Significant” pilih Two-tailed,
dan centang pada Flag Significant Correlations.
5. Selanjutnya klik Options. Pada Missing Values pilih Exclude
cases pairwise lalu klik Continue.
6. Klik Ok sehingga akan muncul hasil analisis.
Interpretasi Output Analisis Korelasi
Spearman
Tabel Output “Correlations”
Melihat Tingkat Kekuatan (Keeratan) Hubungan Variabel Kualitas Produk dengan Kepuasan Konsumen Dari output di atas, diperolah angka koefisien korelasi sebesar 0,838**. Artinya, tingkat kekuatan hubungan (korelasi) antara variabel kualitas produk dengan kepuasan konsumen adalah sebesar 0,838 atau sangat kuat. Tanda bintang (**) artinya korelasi bernilai signifikan pada angka signifikansi sebesar 0,01.
Melihat Arah (Jenis) Hubungan
Variabel Kualitas Produk dengan Kepuasan Konsumen
Angka koefisien korelasi pada hasil di atas, bernilai positif, yaitu 0,838, sehingga hubungan kedua variabel tersebut bersifat searah (jenis hubungan searah), dengan demikian dapat diartikan bahwa kualitas semakin ditingkatkan kualitas produk maka kepuasan konsumen juga akan memingkat.
Melihat Signifikansi Hubungan Kedua
Variabel
Berdasarkan output di atas, diketahui nilai signifikansi atau Sig. (2-tailed) sebesar 0,002, karena nilai Sig. (2- tailed) 0,002 < lebih kecil dari 0,05 atau 0,01 maka artinya ada hubungan yang signifikan (berarti) antara variabel kualitas produk dengan kepuasan konsumen.
Komentar
Posting Komentar