ANALISIS KORELASI SPEARMAN DENGAN SPSS

 


Korelasi Rank Spearman atau yang biasanya disebut dengan Spearman Rank Correlation Coefficient merupakan salah satu penerapan koefisien korelasi dalam metode analisis data statistik non parametrik. Statistik non parametrik ini merupakan suatu ukuran asosiasi atau hubungan yang dapat digunakan pada kondisi satu atau kedua variabel yang diukur adalah skala ordinal (berbentuk ranking) atau kedua variabel adalah kuantitatif namun kondisi normal tidak terpenuhi.

Contoh Kasus:

Berikut disajikan data kualitas produk dan kepuasan konsumen

Kualitas Produk (X)

Kepuasan Konsumen (Y)

2

3

3

3

4

4

4

5

3

4

5

5

5

5

4

5

5

5

4

4

Apakah ada korelasi yang positif antara kualitas produk dan kepuasan konsumen?  (Gunakan taraf signifikansi 5%).

Langkah – langkah analisis :

1. Jalankan program SPSS, pilih Variable View di bagian bawah. Isikan di kolom Name “X” di baris pertama dan “Y” di baris ke dua. Untuk Decimals ubah semua menjadi angka 2. Pada bagian Label tulisan Kualitas Produk dan Kepuasan Konsumen. Pada Measure ganti menjadi Nominal.



2. Pilih Data View dan masukkan data Kualitas Produk (X) dan Kepuasan Konsumen (Y) yang sudah dipersiapkan tadi ke program SPSS.

3. Selanjutnya dari menu utama SPSS, pilih menu AnalyzeCorrelateBivariate.

4. Muncul kotak dialog dengan nama Bivariate Correlations. Masukkan variabel Kualitas Produk (X) dan Kepuasan Konsumen (Y) pada kotak Variables. Selanjutnya pada kolom Correlation Coeficient pilih Spearman, lalu untuk kolom “Test of Significant” pilih Two-tailed, dan centang pada Flag Significant Correlations.



5. Selanjutnya klik Options.  Pada Missing Values pilih Exclude cases pairwise lalu klik Continue.

6. Klik Ok sehingga akan muncul hasil analisis.

 

Interpretasi Output Analisis Korelasi Spearman

Tabel Output “Correlations”


Melihat Tingkat Kekuatan (Keeratan) Hubungan Variabel Kualitas Produk dengan Kepuasan Konsumen Dari output di atas, diperolah angka koefisien korelasi sebesar 0,838**. Artinya, tingkat kekuatan hubungan (korelasi) antara variabel kualitas produk dengan kepuasan konsumen adalah sebesar 0,838 atau sangat kuat. Tanda bintang (**) artinya korelasi bernilai signifikan pada angka signifikansi sebesar 0,01.

Melihat Arah (Jenis) Hubungan Variabel Kualitas Produk dengan Kepuasan Konsumen

Angka koefisien korelasi pada hasil di atas, bernilai positif, yaitu 0,838, sehingga hubungan kedua variabel tersebut bersifat searah (jenis hubungan searah), dengan demikian dapat diartikan bahwa kualitas semakin ditingkatkan kualitas produk maka kepuasan konsumen juga akan memingkat.

Melihat Signifikansi Hubungan Kedua Variabel

Berdasarkan output di atas, diketahui nilai signifikansi atau Sig. (2-tailed) sebesar 0,002, karena nilai Sig. (2- tailed) 0,002 < lebih kecil dari 0,05 atau 0,01 maka artinya ada hubungan yang signifikan (berarti) antara variabel kualitas produk dengan kepuasan konsumen.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANOVA DUA JALUR (TWO WAY MANOVA)

TUTORIAL SPSS UJI TWO-WAY ANOVA

UJI MANN-WHITNEY U DENGAN SPSS (CONTOH KASUS)